Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akun Pembelajaran PD dan PTK

 


Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemdikbud nomor 37 tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik, Pendidik, Dan Tenaga Kependidikan.

Akun  Akses  Layanan Pembelajaran

Akun akses layanan pembelajaran  yang selanjutnya  disebut  Akun Pembelajaran merupakan akun yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.

Tujuan Akun Pembelajaran

Akun Pembelajaran bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi, baik belajar dari rumah maupun pembelajaran secara tatap muka.

Untuk Siapa Akun Pembelajaran?

Akun Pembelajaran ditujukan bagi:
a.  peserta didik, meliputi:
    1)  SD dan Program Paket A kelas 5 dan kelas 6;
    2)  SMP dan Program Paket B kelas 7 sampai dengan kelas 9;
    3)  SMA dan Program Paket C kelas 10 sampai dengan kelas 12;
    4)  SMK kelas 10 sampai dengan kelas 13;
    5)  SLB kelas 5 sampai dengan kelas 12;
b. pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah;
c. tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, meliputi:
    1)  kepala satuan pendidikan; dan
    2)  operator satuan pendidikan, yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Bentuk Akun Pembelajaran

Akun  Pembelajaran  dibuat  dalam  bentuk  akun  Google  dengan  domain @belajar.id.

Beberapa Pertimbangan

Akun Pembelajaran dibuat dalam bentuk akun Google dengan pertimbangan sebagai berikut:
a. pengguna Akun Pembelajaran otomatis mendapatkan akses ke layanan pendukung pembelajaran dalam G Suite for Education yang siap pakai dan telah banyak digunakan oleh publik;
b. pembuatan dan penggunaan Akun Pembelajaran bebas biaya;
c. penggunaan  layanan  pendukung  pembelajaran  dalam  G  Suite  for Education bebas biaya;
d. sistem Google mampu mengelola puluhan juta akun sekaligus dengan keamanan tingkat tinggi; dan
e. akun yang sama dapat digunakan untuk mengakses layanan lain milik
Kementerian   Pendidikan   dan   Kebudayaan   dan   berbagai   layanan pembelajaran lainnya di luar ekosistem Google.

Akun Pembelajaran Berbasis Elektronik

Layanan pembelajaran berbasis elektronik yang dapat diakses menggunakan Akun Pembelajaran, antara lain:
a. surat elektronik;
b. penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik;
c. pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik;
d. penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik; dan
e. pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, baik secara sinkronus (dilakukan pada waktu yang bersamaan) maupun asinkronus (fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang bersamaan).
Terkait daftar layanan pembelajaran berbasis elektronik lain dapat diakses menggunakan Akun Pembelajaran pada laman www.belajar.id.

Keamanan Akun

Keamanan Akun Pembelajaran diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap:
a. kerahasiaan   data,   informasi,   dan/atau   dokumen   aktivitas   Akun
Pembelajaran; dan
b. kemungkinan  terjadinya  kelalaian  dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran.

Penggunaan Akun

Penggunaan  Akun  Pembelajaran  bersifat  opsional.  Dalam  hal  Akun Pembelajaran tidak diakses oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sama sekali sampai dengan tanggal 30 Juni 2021 maka Akun Pembelajaran tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis.

Pendistribusian Akun

Pendistribusian Akun Pembelajaran dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:
a. operator satuan pendidikan masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun Dapodik yang sudah dimiliki;
b. setelah masuk laman tersebut, operator satuan pendidikan memilih
tombol “Unduh Akun” untuk mengunduh CSV yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan; dan
c. operator  satuan  pendidikan  mendistribusikan  Akun  Pembelajaran tersebut kepada setiap pengguna Akun Pembelajaran di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Pengaktifan Akun

Pengaktifan Akun Pembelajaran dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:
a. masuk laman mail.google.com;
b. mengakses Akun Pembelajaran sesuai dengan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran yang diterima;
c. menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran; dan
d. melakukan   penggantian   akses   masuk   akun   (password)   Akun Pembelajaran.

Peran Pemerintah Daerah

Pemerintah Daerah diharapkan membantu menyosialisasikan cara aktivasi Akun Pembelajaran ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Peran Dinas Pendidikan

Pemerintah  Daerah  melalui  Dinas  Pendidikan  Provinsi/Kabupaten/Kota diharapkan menugaskan 2 (dua) orang pegawai untuk menjadi administrator Akun Pembelajaran di daerah masing-masing. Administrator Akun Pembelajaran tersebut dapat melakukan proses pengawasan terhadap aktivitas pengguna Akun Pembelajaran dan memonitor tingkat penggunaan Akun Pembelajaran.

Pengajuan Administrator

Pengajuan administrator Akun Pembelajaran dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:
a. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota mengusulkan 2 (dua) orang pegawai kepada Pusdatin untuk menjadi administrator Akun Pembelajaran dengan melampirkan informasi sebagai berikut:
    1) nama lengkap;
    2) Nomor Induk Kependudukan (NIK); dan
    3) alamat surat elektronik.
b. Pusdatin akan memberikan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dalam bentuk CSV file ke alamat surat elektronik. CSV file tersebut hanya dapat dibuka dengan cara memasukan NIK.
c. Administrator Akun Pembelajaran mengakses Akun Pembelajaran sesuai instruksi yang disampaikan ke alamat surat elektronik.

Informasi Tentang Akun Pembelajaran

Pemerintah Daerah dan pengguna Akun Pembelajaran yang memerlukan informasi mengenai Akun Pembelajaran dapat mengakses laman www.belajar.id.


Di bawah ini ada beberapa poin penting untuk kita simak sebelum mengaktifkan dan mengakses akun pembelajaran antara lain: 

SE Sesjen Kemdikbud

Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemdikbud nomor 37 tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik, Pendidik, Dan Tenaga Kependidikan dapat di download sini!

Peraturan Sesjen Kemdikbud

Peraturan Sekretaris Jenderal Kemdikbud nomor 18 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan untuk Akun Akses Layanan Pembelajaran klik sini!

Video Peluncuran Akun

Video Peluncuran tentang Akun Pembelajaran tonton di sini!

Akses dan Aktifkan Akun

Tahap Mengakses dan Mengaktifkan Akun Pembelajaran tonton di sini!

Webinar Hari Pertama

Webinar Akun Pembelajaran (hari pertama): Belajar Tanpa Batas untuk Semua dengan Akun belajar.id dilaksanakan 14 Desember 2020, 16:00-17:30 WIB tonton di sini!

Webinar Hari Kedua

Webinar Akun Pembelajaran (hari kedua): Membuat Kelas Interaktif dengan Siswa dengan Akun belajar.id dilaksanakan 15 Desember 2020, 16:00-17:30 WIB tonton di sini!

Webinar Hari Ketiga

Webinar Akun Pembelajaran (hari ketiga): Berinteraksi dengan Siswa dengan Akun belajar.id dilaksanakan 16 Desember 2020, 16:00-17:30 WIB 17:30 WIB tonton di sini!

Webinar Hari Keempat

Webinar Akun Pembelajaran (hari keempat): Melakukan Penilaian Siswa dengan Akun belajar.id dilaksanakan 17 Desember 2020, 16:00-17:30 WIB 17:30 WIB tonton di sini!

Demikian informasi tentang SE Sesjen Kemdikbud nomor 37 tahun 2020 semoga bermanfaat.
Admin Super
Admin Super SDN Candi II Dungkek Sumenep

Posting Komentar untuk "Akun Pembelajaran PD dan PTK"